Sabtu, 03 Maret 2012

Kenapa Harus Belajar Budaya Orang Lain


Kenapa harus belajar budaya negara lain , dan kenapa budaya kita sendiri yang dipelajari negara lain bahkan di claim, misalnya korea , atau jepang , atau cina, negara mereka hanyalah kumpulan orang orang yang bermata sipit, bahkan merem , mereka hanya bisa berbisnis , karya mereka pun sudah di atur dengan kontrak komersil , yang gue denger artis korea bahkan harus tinggal di asrama kalo mau
terkenal , sedangkan di indonesia banyak karya karya yang mengagum kan , bahkan setiap pelosok negri mempunyai budaya sendiri , sementara di jepang , cina , araupun korea, gak ada tuh budaya tradisional nya hingga mendunia , mentok mentok boy bandcong mereka yang terkenal, gue sadar kalo kualitas musik boy band di korea lumayan , cukup enak di dengar , tapi kalo di indonesia ? apakah sama? , menurut gue pribadi , gue merasa enek denger lagu lagu boy band indonesia , kualitas musik nya pun bahkan standar , gak berkarakter , gak punya imajinasi , mentok mentok cenat cenut di uber label rekaman , gue gak ngerti dimana bentuk seni dari mereka . gue paling miris liat berita di tipi tentang seseorang artis korea yang datang ke indonesia , waktu itu dia di jemput sama fans ny yg di indonesia, selain di sambut fans  ,  dia juga di kalungi bunga oleh dua orang anak muda  , masih kecil kayak nya ,  dengan busana khas korea, aneh banget liat nya .. , padahal disini indonesia , gakbisakah mereka menyambut artis korea itu dengan kebaya, atau batik mungkin karna ini adalah Indonesia . ini namanya diskriminasi budaya bangsa sendiri , banyak remaja yang mengikut ikuti budaya korea yang lagi ngetrend sekarang , coba deh mereka sadar untuk mengikuti juga budaya indonesia , misalnya . kalo di aceh ,  remaja disana setidaknya melestarikan tari saman yang sudah mendunia itu , alangkah enak nya kalo setiap remaja disana menunjukan bakat seni nya masing masing , di jakarta juga..  mungkin karna tak ada nya sosialisasi , budaya disana hampir punah , misalnya nge Lenong , atau apalah itu , jika pun ada peminat nya , paling hanya sedikit, beda kalo kayak gue di bali , khusus nya denpasar. di denpasar anak anak muda minat seni nya cukup tinggi , tapi juga tingkat mabok dan minum minuman keras juga gak bisa dipisahkan, selain denpasar ,  setau gue jogja juga menjadi salahsatu elemen kota seni di indonesia .
lihat nih bule belajar nari

misalnya sepuluh tahun lagi , korea masih jadi trend , dan budaya seni kita ditinggalkan , kasian anak cucu kita yang takpernah liat indahnya indonesia sebenarnya...

0 komentar:

Posting Komentar