Selasa, 06 Maret 2012

Seribu karcis parkir terakhir | Gunawan Suarna

kmarin adalah hari terakhir gue magang, rasanya cepet banget 2 bulan, gak terasa pas gue pertama kali kesini , ke RTC diponegoro, sewaktu gue masuk lewat depan, gue ditanya tanyain ' mas mau cari apa?' , 'mas laptop mas' ' mas flaskdisk mas?' di setiap langkah gue , gue ngerasa kayak tersangka korupsi , seandai nya gue tanya balik ' mas disini ada orang jual benang? ' , pasti dia langsung mingkem , ada yang salah
dengan sistem promosi di indonesia , customer selalu di manjakan dengan rekomendasi yang berlebihan, tapi itu ada alasan nya, "demi sesuap nasi" , kembali pada saat gue survey tempat magang, waktu itu gue masih cupu kalo berhadapan sama orang lain, masih canggung dan masih deg deg serr. walaupun gue sebelumnya sudah magang instalasi negara yang isi nya manusia manusia pintar, tapi gue masih canggung untuk bersosialisasi, sesampainya di lantai 3 yang biasanya toko toko disana merupakan toko servis hingga jaringan, gue ber tiga bingung mau cari dimana, akhir nya ada seorang pemuda yang terlihat sedikit sudah tua menawar kan gue tempat magang ' mau nyarik apa dek?' tanya pemuda itu ke gue ' mau nyari tempat magang mas' sahut gue, ' oooo.. , disini aja magang dek ' sahut pemuda itu , ' hmm.. bisa ya mas? , nama toko nya apa mas? ' gue nanya lagi, ' bisa.. bawa aja surat pengantar nya' , singkat cerita beberapa hari kemudian gue datengin tempat magang tersebut , dengan membawa surat pengantar, berharap ada balasan, dan gue ketemu dengan pegawai nya lagi saru , dia cewek dengan kulit putih rambut menjuntai kedepan dengan mata merah.. , lhoo.. emang kuntilanak, bukan, dia kulit putih, kayak nya masih muda sekitar 20
tahunan , kebetulan mas mas yang gue datengin kmaren gak ada jadi gue minta tanda tangan mbak nya aja .singkat cerita gue udah mulai magang, pertanyaan pertama pas pertama kali magang adalah , ' bli , kalo disini parkir ny dimana ? ' tanya gue ke bos gue, anggap lah bos , ' ya di parkiran lah, emang mau dimana lagi? ' sahut dia, ' maksud saya biar gak bayar, hehehe' jawab gue cengengesan, ' semua pegawai bayar nak ' sahut bos bijak , kerjaan gue di tempat magang kalo gak nginstal atau ngirim barang, ngerakit kompi , wifian , internetan , dan maen PES.. sama dua temen gue, singgih dan jemy, dua orang ini sewot banget.. , segala pernyataan mereka tidak ada yang benar dengan kenyataan, misalnya : gue ditanya sama mbak mbak disana , ' gun kamu udah punya pacar? ' , gue jawab ' belom ' , tau taunya mereka nyeroscos bilang gue pacaran sama ini lah sama itu lah.. , tapi mereka gokil orang ny, bahkan yang paling sering boker di RTC adalah jemy , entah mungkin dia punya penyakiit lobang pantat terlalu besar dan beranjak kronis.. hingga dia mengeluh sakit perut, ada suatu kejadian dimana di toko cuman ada gue , jemy  dan singgih , waktu itu jemy iseng menggeluarkan gas alam nya yang berbunyi 'PYUUUUTT' dan singgih bertereak 'BAAUUUKK!!' sedangkan gue tertawa, ngakak ngelihat jemy malu karna aib ny membuang gas itu terbongkar. si jemy ini kalo kentut emang bisa dimana saja , di motor sambil jalan bisa , bahkan antara kentut dan bau Tempat pembuangan sampah , hampir sama , gue sampe afal bau kentut nya karna gue sering jadi korban kentut nya.. , hmmmmm...
emang deh banyak banget gue punya temen yang unik dan aneh aneh...

pertama gue di ajak keluar sama boz gue bli komang nama nya, itu kalo gak salah masang jaringan ,tibalah gue di sebuah kantor furnitur m  gue pertamanya agak ragu ragu.. dikala pas disuruh buat kabel LAN , buat kabel lan memang sedikit rumit menurut gue , membuat kabel LAN terdiri dari beberapa alat yaitu kabel UTP , ngondektor ehh bukan Conector RJ - 45  ,  dan alat trimping , bagi loe yang bukan anak IT pasti gak ngerti apa yang gue bilang, setelah memotong kulit kabel UTP , muncul berbagai warna , kayak warna pelangi gitu deh , kuning,hijau,biru,coklat. jujur gue dibilang buta warna sama temen temen gue , karna gue gak bisa bedain mana warna hijau dan warna coklat, karna warna ijo dan coklat gak pernah gue pake pas pelajaran menggambar gue di TeKa, yang gue tau langit itu warna biru , laut itu warna biru , gunung itu warna merah ujung nua , dan jalan itu warna hitam , dan eek itu warna kuning, sementara padang dan rumput gue warnain se kmampuan pensil warna gue, hingga kadang rumput gue warna nya kuning, entah kenapa rumput yang gue gambar waktu TeKa jadi kayak rumput yang udah di ngenge'in sama satu desa plus sapi sapinya , dan untung nya gue gak ngengek di celana waktu itu.
kembali ke kabe UTP , setelah gue liat liat, dan gue nyontek rumus atau susunan kabel dari temen gue singgih yang baru saja terkirim , gue mencoba berpikir, yang mana warna coklat dan warna hijau , gue pun ditanyain sama bli komang ' bisa kamu , gun' suasana pun menghening, dengan bekal kata pepatah ' jangan menyerah , dan terus berusaha ' gue beranikan menjawab ' enggak bli , hehehe' gue cengengesan , waduh..  gimana kamu nie... , yaudah, kamu salurin kabel nya aja , suruh bli komang. setelah gue ngulung kabel , gue nanya sama bli komang , ' bli , kok jaringan nya bisa rusak, kenapa y? ' tanya gue , ' iya, ni katanya di gigit tikus' sahut bli komang , ' ini kabel nya untuk sementara aja, bentar lagi mereka juga pindah ke kantor yang baru ' , dalam pikiran gue , ini tikus tikus nya apa gak di ajak pindah y ? #gelidalamhati

ada hal unik yang gue dan temen temen gue lakuin di setiap mau pulang magang.. , yaitu minta di bayarin parkir, masing masing dari kami mintain dibayarin karcis parkir , ada sebuah kejadian dimana awal awal gue magang disana gue kehilangan kunci dan kehilangan motor, gue coba tanya sama satpam , ternyata motor gue dibawa kabur, dibawa kabur ke tempat satpam, untung aja gue kirain hilang.. , gue tagih kunci gue , tiba tiba disodorin buku dan pulpen , gue pikir gue tersangka korupsi, ternyata cuman disuruh isi biodata , biodata nama lengkap, dsb, dan gue diberi kunci , malang nasib gue setelah beruntung , gue ditagih duit denda 25ribu, dan padasaat itu gue cuman bawa sehelai uang 5 rebong , mampus gue, terpaksa gue pasang muka melas, ' maaf pak , saya cuman bawa uang 5 ribu , gumana y? ' muka gue melas sambil mata berkaca kaca dan ingus keluar dari hidung , ' ohh , iya dah dek.. bawa aja ' kata satpam itu sambil mata berkaca kaca dan mengeluarkan kentut sedikit, dan gue kembali ke toko, dan gue ceritain semua kejadian mengenaskan tadi.

wifi , wifi merupakan salah satu teknologi mutakhir abad ini , hanya dengan udara alias sinyal , kita bisa tersambung ke internet, dan gara gara wifi gue sama orang orang gila dan sarap ini ( singgih dan jemy ) berebut make laptop gue yang sudah kusam ini dan menemani gue disaat sudah, dan sudah banyak sekali membantu gue saat ini dan seterus nya,saat berebut yang paling membabi buta adalah jemy , orang ini tidak boleh tidak di dahulukan , mungkin dia bisa dibilang anak nya bu GAWAT! tapi orang ini cenderung kekonyolannya , selain jemy , singgih juga berebut make laptop , dia biasanya kalo gak buka facebook . pasti main POKE NINJA, kalo gue sih biasanya ngeBlog dan download, sampe sampe gue download banyak banyak mereka protes! , ini aja wifi jebolan , kok mereka yang protes? , akhir nya wifi benar benar diputus dan gue jadi tersangka utama

makana, makanan merupakan sumber kehidupan setiap makhluk hidup di dunia, dan gue juga mahluk hidup, kalo pocong itu mahluk halus , nah kalo gue mahluk hidup pasti perlu makan, makan itu pake uang , bukan uang nya yang dumakan , maksud gue belinya pake uang , selama gue magang di RTC , dompet gue selalu terpaksa ngeluarin duit, untuk apa? ya untuk makan.. , kalo istirahat makan siang , gue selalu mesen kalo gak nasi goreng , puyung hay pake nasi , itu aja udah 10rb per porsi dan minum dijual terpisah, rata rata pengeluaran sehari itu 15rb sudah termasuk pajak , sementara pemasukan gue per hari cuman 20rb , belum tanggungan pulsa dan tanggungan bensin , beberapa cara telah gue cari cari bersama dua orang kawan gue ini untuk menu makanan alternatif, ternyata hasil nya, boro boro makan puas dompet tebal , malahan capek dan kekenyangan itu dihabiskan untuk di jalan, tempat makan nya jauh banget man.. , dan akhir nya gue dan dua orang sarap ini mengurungkan nia untuk nyarimakan dimana mana, kebetulan rumah gue deket dan gue bisa langsung pulang .

setelah sekian lama magang yaitu dua bulan , di akhir akhir gue magang ada dua orang perempuan , mereka dari desa , ya bisa di bilang desa lah , tapi mereka gak wong deso , mereka tetap mengikuti perkembangan teknologi , yang satunya namanya dewi pakek 'K' kalo mau manggil , yang satunya namanya ayu pake 'K' kalo manggil , pertama mereka dateng kebetulan bli komang lagi pergi , dan mereka kilang kileng alias bingung, si dewi pake 'K' kalo mau manggil , nanya sama gue ' bapak yang disini ini kemana y? ' tanya dewik udah pake 'K' , gue jawab ' owh.. lagi pergi ' cuek , keadaan hening sejenak walaupun RTC terdengar selalu ramai dengan lagu Ayu Ting Ting , ngomong ngomong ayu ting ting , ini temen gue si jemy ini kalo denger lagu ayu ting ting yang "nyasar"(alamat palsu) atau yang ngesek(sik asik) langsung cekikikan 'kikikikikikiki' kalo kata raditya dika kayak ABG ambok lagi narsis di photo box , dipikiran gue 'orang ini obat nya habis ' , kembali ke hening sejenak  , gue mencoba untuk nanya ' kalian anak magang ya? ' dewik udah pake 'K' nyaut , ' iya ' sahut dengan pendek , ' duduk dulu  ' gue mempersilahkan , dan si ayuk udah pake 'K' kalo mangil , tersenyum , senyumnya itu seperti permen lolipop dicampur coklat, dimakan sama afika , maniss bangettt cuuyy,, ini untuk kesekian kalinya gue terpana sama cewek , pertama sih gue cuek aja , tapi gue ampe gak bisa tidur sob... , gue ngebayangin seandainya ayuk jadi pacar gue , pasti gue manggil dia ayu gak pake 'K' , karna ayu itu artinya cakep.. , gue galau banget, pengen minta nomernya, sampe sampe gue keceplosan ngomong sama dua orang sarap ,' kle.. aku pengen minta nomernya lho,.. gimana caranya ya?' gue keceplosan , ' eciee , gugun naksir sama ayuk .. ' jemy mulai nyeleneh .. , untungnya ayuk belum datang waktu itu , setelah ayuk dateng jemy dan singgih mulai membuat gue jadi apa gitu namanya kalo elo di sindir sindir suka sama cewek , disuruh cepet minta nomernya lah , di suruh ini itu, yang nyindir, sampe gue galau . satu hal yang gue pelajari dari kejadian ini " jika elo naksir sama cewe atau lagi ngincar cewe untuk jadi gebetan loe , jangan bilang bilang ke temen loe , apa lagi tipe temen kayak gue , mereka akan jadi pengganggu utama dari usaha loe deketin si doi " catet itu baik baik. keesokan harinya gue dateng lebih awal , itu pas wifinya belom diputus , dan itu masih pagi, kebetulan si ayuk dan si dewik disuruh dateng pagi karna gue dan kawan kawan akan selesai , mereka dateng dan si ayuk duduk di sebelah gue , kebetulan gue lagi nulis artikel blog gue waktu itu, dan dia nanya ' lagi apa itu ' dengan polos , ' engga ini lagi nulis di blog ' sahut gue , ' owh ' terdengar suara kecilnya yang mungkin gak ngerti apa itu blog. dan obrolan kami bertiga pun sampai kemana mana , dan kebetulan jemy datang dan hari itu semua serba kebetulan .

di ujung ujung gue magang gue makin galau, gimana cara nembak ayuk , seandainya dia baca artikel ini dia pasti udah tau kalo gue suka sama dia, dan di akhir gue magang dia udah punya cowok lagi , dan di akhir gue magang , ini adalah jatuh cinta monyet paling bodoh  , bukan karna sarap sarap itu berdua , itu semua kembali ke gue. gue mungkin akan menyandang status jomblo lebih agak lama. gue jadi inget kata katanya singgih , ini kata kata yang paling bijak yang pernah keluar dari mulut nya " KALO SUKA , BILANG AJA SUKA , APA SIH SUSAHNYA " , tapi bagi orang jelek kyk gue itu susah
this is my f*cking stupid fallin in love

ada beberapa kisah bahagia, salah satunya pengguna laptop di kalangan temen temen gue bertambah , dua orang orang sarap ini beli laptop dan laptopnya itupun sama percis , cocok emang kalo laptop mereka di sejajarkan mungkin mereka akan berantem, MANA LAPTOP GUE,, !! YANG INI? YANG ITU  , selain itu gue juga punya kisah bahagia, dapet beli priter murah tapi gak murahan .. , dan gue punya toko langganan yang bisa ngasi harga pasti

tepat di hari terakhir , terakhir gue di ajak masang jaringan dan membuat kabel LAN dan gue bisa... senang sekali rasanya banyak sekali ilmu dan kegiatan yang ada disini , dan ini lah uang seribuan gue untuk karcis parkir gue yang terakhir sebagai siswa magang , dan gue harus siap siap di tampol laporan. dan tunggakan sekolah gue yang bertumpuk .

0 komentar:

Posting Komentar